Cara Kerja Media Periklanan Online
Adanya iklan diperlukan agar banyak website dapat memberikan layanan atau informasi gratis. Iklan juga dapat membantu menjaga agar banyak layanan bisa digunakan secara gratis. Iklan juga membantu pemilik website untuk membayar biaya hosting website dan perpanjangan domain.
Sebagai salah satu jaringan iklan, Google dan media periklanan lainnya menghubungkan:
- Orang yang memiliki website dengan ruang iklan
- Orang yang ingin mempromosikan produk
- Orang yang menganggap produk menarik
Layanan media periklanan online seperti Google dan lainnya tidak menjual informasi pribadi kepada siapa pun, dan tidak mengizinkan siapa pun membaca email Anda untuk menampilkan iklan kepada Anda.
Website yang menjadi host iklan hanya dapat melihat info yang Anda minta kepada Google untuk dibagikan. Pengiklan hanya dapat melihat seberapa baik performa iklan mereka.
Jenis Iklan Yang Anda Lihat
* Iklan dari layanan khususnya Google: Anda mungkin melihat iklan dengan hasil di Google Penelusuran, atau sebelum menonton video di YouTube.
* Iklan di website dan aplikasi selain Google: website dan aplikasi selain Google (seperti website koran atau aplikasi game) berpartner dengan Google untuk menampilkan iklan.
Standar Periklanan Khususnya Dari Google
Google menjadi bagian dari kelompok industri yang membuat dan mengikuti standar dalam periklanan online.
Alasan Anda Melihat Iklan
* Informasi Anda:
- Informasi di Akun Google, seperti rentang usia dan jenis kelamin Anda
- Lokasi umum Anda
* Aktivitas Anda:
- Kueri penelusuran saat ini
- Aktivitas penelusuran sebelumnya
- Aktivitas Anda saat login ke Google
- Interaksi Anda sebelumnya dengan iklan
- Jenis website yang Anda buka
- Jenis aktivitas aplikasi seluler di perangkat Anda
- Aktivitas Anda di perangkat lain
* Informasi Lainnya:
- Waktu
- Informasi yang Anda berikan ke pengiklan, seperti jika Anda mendaftar newsletter dengan alamat email
Google dan layanan media periklanan lainnya dapat mempersonalisasi iklan agar lebih bermanfaat untuk Anda. Iklan yang dipersonalisasi tidak ditampilkan atau disembunyikan dari Anda berdasarkan kategori sensitif, seperti ras, agama, orientasi sek*ual, atau kesehatan.